Sabtu, 20 Oktober 2012

MANAJEMEN KEUANGAN

Keuangan adalah fungsi dari sebuah bisnis yang menangani perolehan dana perusahaan dan pengelolaan dana tersebut di dalam perusahaan.
Manajemen keuangan adalah Pekerjaan mengelola sumber daya keuangan sebuah perusahaan yang dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
Manajer keuangan adalah Manajer yang memberikan rekomendasi bagi manajemen tingkat atas mengenai strategi – strategi untuk memperbaiki kekuatan keuangan sebuah perusahaan.
Perencanaan Keuangan :
1)      Memproyeksikan kebutuhan keuangan, baik jangka pendek maupunj jangka panjang:
a)      Proyeksi jangka pendek: Proyeksi yang memproyeksi pendapatan , biaya , dan beban untuk periode satu tahun atau kurang.
b)      Proyeksi arus kas: Proyeksi yang memprediksi arus kas masuk dan keluar pada periode mendatang, biasanya bulanan atau kuartalan.
c)      Proyeksi Jangka Panjang : Proyeksi yang memproyeksi pendapatan , biaya , dan beban untuk periode lebih lama dari satu tahun, dan terkadang selama 5 atau 10 tahun mendatang.
2)      Menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Anggaran adalah rencana keuangan yang menjelaskan harapan – harapan manajemen atas pendapatan dan, dengan dasar harapan – harapan tersebut, mengalokasikan penggunaan sumberdaya tertentu di seluruh perusahaan. Ada beberapa tipe anggaran yang dikembangkan dalam perencanaan keungan perusahaan :
a)      Anggaran modal : anggaran yang menyoroti rencana pengeluaran perusahaan untuk pembelian aset – aset utama yang sering kali memerlukan jumlah uang yang sangat besar.
b)      Anggaran kas : suatu anggaran yang memperkirakan proyeksi arus kas masuk dan keluar yang dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui kekurangan atau kelebihan kas selama periode tertentu(misalnya bulanan , kuartalan).
c)      Anggaran Operasional (master) : anggaran yang mengikat erat semua anggaran perusahaan lainnya, anggaran yang merupakan proyeksi alokasi uang untuk berbagai biaya dan beban yang dibutuhkan untuk menjalankan atau mengoperasionalkan bisnis.
3)      Mengembangklan kendali keuangan untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menjalankan hal – hal yang telah ditetapkan harus dilakukan. Kendali keuangan adalah proses di mana sebuah perusahaan secara rutin membandingkan pendapatan, biaya, dan beban aktualnya dengan anggarannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar